Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Bedah Rumah Sakit Umum Kasih Bunda 2017

  • Stikes Jenderal A. Yani Cimahi
  • Stikes Jenderal A. Yani Cimahi
  • Stikes Jenderal A. Yani Cimahi
Keywords: komunikasi teurapeutik, kepuasan pasien

Abstract

Komunikasi merupakan alat yang efektif untuk mempengaruhi tingkah laku manusia yang melibatkan pertukaran pikiran dan perasaan. Pertukaran tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk bahasa seperti isyarat, ungkapan emosional, berbicara atau tulisan. Dalam dunia keperawatan dikenal dengan istilah komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik merupakan suatu proses untuk menciptakan hubungan antara perawat dengan pasien dan tenaga kesehatan lainnnya. Salah satu peran perawat adalah memberikan pelayanan dengan cara memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pasien, serta menjadi penghubung antara dokter dengan pasien . Komunikasi yang kurang baik akan menimbulkan ketidakpuasan klien terhadap informasi dan pelayan keperawatan yang di berikan oleh perawat. Sebalik dengan penerapan komunikasi therapeutik yang baik akan meningkatkan citra perawat dan rumah sakit. Tujuan penelitian Mengetahui hubungan komusikasi terapetik perawat dengan tingkat kepuasan pasien saat melakukan tindakan berdasarkan persepsi pasien di ruang perawatan penyakit bedah Rumah sakit umum kasih bunda. Rancangan penelitian descritive correlative, Jumlah sampel 52 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien saat melakukan tindakan berdasarkan persepsi pasien di nilai p value=0,030. Saran Perawat diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan komunikasi terapeutik

Published
2019-04-16